Suasana Peringatan HUT Ke-78 RI di IKN

suasana-peringatan-hut-ri-di-ikn
Moment istimewa dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia diadakan di dekat lokasi pembangunan Calon Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Kamis (17/8/2023). Upacara tersebut menjadi peristiwa pertama kali yang digelar di Sumbu Kebangsaan IKN yang juga menjadi tempat berdirinya bangunan baru Istana Presiden. 

Pada tahun 2022, Otorita Ibu Kota Nusantara, lembaga yang bertanggung jawab atas pengelolaan ibu kota baru Indonesia, menggelar upacara HUT ke-77 di Titik Nol IKN. "Kami ingin memperlihatkan proses pembangunan dengan latar belakang Istana Presiden dan hutan sekitar. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan semangat membangun IKN," ungkap Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN, Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi, mengutip dari Kompas.id, Rabu (16/8/2023).

Dalam pelaksanaan upacara HUT ke-78 RI di IKN, tema yang diangkat adalah "Satu Tekad Menyongsong IKN". Tema ini dipilih untuk mencerminkan persiapan akan perpindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN. Pernyataan ini sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa upacara HUT RI pada tahun mendatang akan diadakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada tahun 2024. "Insya Allah. Tahun depan insya Allah (upacara HUT RI) sudah di IKN. Kita lihat nanti," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (17/8/2023).


Dilansir dari kanal YouTube resmi IKN Indonesia, prosesi pengibaran bendera Merah Putih berlangsung mulai pukul 08.30 hingga 10.00 Wita atau 07.30-09.00 WIB. Tempat pelaksanaan berada di Sumbu Kebangsaan, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara. Berikut adalah daftar petugas upacara Peringatan HUT ke-78 RI di IKN:

  • Inspektur Upacara: Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, bertindak sebagai inspektur upacara.
  • Komandan Upacara: Kapten Inf Andik Supratikno memegang peran Komandan Upacara. Dalam kehidupan sehari-hari, Andik menjabat sebagai Komando Rayon Militer (Danramil) 0913-04 di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.
  • Pembaca Teks Proklamasi: Wakil Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Hartono Basuki, bertugas sebagai pembaca teks Proklamasi.
  • Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibraka): Paskibraka Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi pasukan pengibar bendera di IKN. Pasukan ini terdiri dari 13 anggota dengan 4 kompi yang terlibat dalam prosesi pengibaran bendera. Empat kompi ini dipimpin oleh komandan masing-masing: Serka Sutisno, Danki I; Briptu Yuda Novi Pratama, Danki II; Sertu Zul, Danki III; Briptu Munif Afrer, Danki IV.
Selain itu, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sepaku, Joko Warsito, bertindak sebagai pembaca doa dalam upacara tersebut. 

Rangkaian upacara HUT ke-78 RI di IKN dimulai dengan sirine detik-detik Proklamasi dan diiringi oleh tim drum band. Siswa-siswa SMA dan sederajat dari Kabupaten Penajam Paser Utara bertugas mengibarkan bendera Merah Putih di IKN. 

Selama upacara berlangsung selama sekitar setengah jam, para petugas pelaksana berhasil menjalankan tugas dengan lancar sementara peserta upacara mengikuti prosesi dengan khidmat. Sekitar 200 peserta yang terlibat dalam upacara tersebut meliputi anggota TNI, Polri, perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, perwakilan perusahaan konstruksi yang terlibat dalam pembangunan IKN, serta organisasi masyarakat dan tim keamanan yang beroperasi di IKN.

Setelah upacara peringatan HUT RI di pagi hari, Otorita IKN mengadakan sejumlah kegiatan perlombaan dan pesta rakyat di lokasi Rumah Singgah Bupati Penajam Paser Utara, yang berjarak sekitar 5 kilometer dari tempat upacara. 


Selain perlombaan, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar IKN juga terlibat dalam pesta rakyat dengan menjajakan produk-produk mereka. Grup band Radja menjadi salah satu pengisi acara tersebut. 

Upacara penurunan bendera Merah Putih akan diadakan di lokasi yang sama, Sumbu Kebangsaan IKN, pada pukul 17.00-18.00 Wita atau 16.00-17.00 WIB dengan Kepala Polsek Sepaku, Ajun Komisaris Kasiyono, bertindak sebagai komandan upacara penurunan bendera di IKN.
Cerdas Buatan
Cerdas Buatan Tak perlu menjelaskan kepada siapapun siapa dirimu. Karena, siapapun yang suka kepadamu tak membutuhkan itu, dan yang membencimu tak mempercayai itu.

Post a Comment for "Suasana Peringatan HUT Ke-78 RI di IKN"