5 Tool SEO YouTube Terbaik

top-and-most-powerfull-youtube-seo
YouTube (koleksi cerdasbuatan.com)

YouTube, sebagai pelopor dalam platform video online, memiliki jumlah pengguna aktif yang luar biasa mencapai 1,9 miliar dan saat ini merupakan situs web dengan kunjungan terbanyak kedua di seluruh dunia.


Dengan semakin banyaknya pengguna yang mencari video untuk membantu memahami berbagai pertanyaan dan masalah, YouTube juga dianggap sebagai mesin pencari terbesar kedua di web, hanya kalah oleh aplikasi utama perusahaan induknya, Google.


Karena fakta-fakta tersebut, pemasaran di YouTube menjadi hal yang menjanjikan. Namun, jika Anda ingin mengoptimalkan kinerja YouTube Anda, pastikan video Anda mengikuti pola pencarian dan "dapat ditemukan" ketika konsumen mencari konten serupa.


Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda membutuhkan beberapa alat bantu yang membantu mengoptimalkan video YouTube Anda sesuai dengan perilaku pencarian pengguna. Berikut adalah beberapa program dan tips yang dapat Anda manfaatkan:


1. VidIQ

VidIQ adalah salah satu toolkit manajemen kanal yang berguna sebagai ekstensi peramban. Alat ini menampilkan statistik penting untuk setiap video YouTube yang Anda kunjungi. Dengan VidIQ, Anda dapat dengan mudah melakukan penelitian pesaing dan analisis mendalam pada video apa pun yang Anda temui.


Anda dapat menemukan dan membandingkan video yang paling banyak ditonton di YouTube menggunakan fitur "Most Viewed" dari VidIQ. Anda juga dapat menambahkan saluran pesaing tertentu dan membandingkannya dengan kanal Anda sendiri untuk mendapatkan wawasan lebih banyak. 


Dengan melakukan audit saluran Anda 24/7, Anda dapat mengetahui tindakan apa yang perlu diambil untuk meningkatkan performa kanal Anda.


Artikel Terkait : 5 Jenis Konten YouTube untuk YouTuber Pemula


Selain itu, VidIQ memungkinkan Anda untuk mengatur peringatan email agar selalu terinformasi tentang topik-topik populer di industri Anda atau saluran pesaing Anda. Terakhir, Anda dapat menggunakan opsi "Facebook Syndication" untuk dengan cepat mendistribusikan video Anda di berbagai platform agar mendapatkan lebih banyak eksposur (namun tetap berhati-hatilah dalam melakukan cross-posting).


2. Google Trends

Salah satu faktor penting dalam optimasi YouTube adalah menarik minat pemirsa terhadap topik yang Anda bahas. Tantangannya adalah menemukan materi yang cocok untuk dijadikan konten "YouTube-able," karena bentuk dan ukuran konten yang menarik bervariasi.


Google Trends adalah alat yang berguna untuk memulai. Anda dapat memasukkan topik utama Anda, menambahkan filter "YouTube Search," kemudian pilih lokasi, kategori, dan rentang waktu untuk mempersempit hasil pencarian.


Dengan Google Trends, Anda juga akan mendapatkan daftar pertanyaan terkait untuk setiap topik, serta peta yang menunjukkan minat audiens di berbagai wilayah. Jika diperlukan, Anda juga dapat mengunduh, menyematkan, dan berbagi data ini untuk referensi lebih lanjut.


3. Rank Tracker

Selain itu, Anda dapat menggunakan autocomplete YouTube untuk melakukan riset kata kunci yang lebih mendalam, baik secara langsung di platform YouTube maupun melalui alat khusus riset dan analisis kata kunci seperti Rank Tracker.


Rank Tracker memungkinkan Anda mendapatkan ide kata kunci dari saran-saran YouTube dan menyoroti metrik penting seperti volume pencarian, perkiraan jumlah kunjungan, tingkat persaingan, dan lain-lain.


Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Rank Tracker untuk melakukan analisis peringkat secara cepat dan menemukan kata kunci yang menghasilkan cuplikan unggulan untuk video. Perhatikan kata-kata dengan volume pencarian terbesar karena kemungkinan besar akan membantu meningkatkan peringkat video Anda dalam hasil pencarian organik.


4. TubeBuddy

Dalam hal SEO YouTube, mengoptimalkan konten video Anda sama pentingnya dengan mengoptimalkan konten halaman web Anda. Batas waktu optimalisasi metadata adalah 48 jam setelah video Anda diunggah; jika Anda melewatinya, algoritma akan menandai konten Anda sebagai kurang relevan secara waktu, sehingga semakin sulit untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Artikel Terkait : Rahasia Sukses di YouTube


TubeBuddy adalah ekstensi peramban yang membantu dalam pengelolaan kanal dengan memberikan bantuan pada judul, deskripsi, tag, anotasi, kartu, dan banyak lagi. Ketika Anda mengintegrasikan alat ini dengan YouTube, TubeBuddy akan memberikan wawasan berharga tentang setiap video YouTube yang Anda buka. Dapatkan tag dari setiap video dengan mudah dan hemat waktu dalam mencari tag yang sesuai dengan batasan 500 karakter. 


TubeBuddy juga menyediakan saran dan rekomendasi optimisasi untuk pertumbuhan kanal Anda. Selain itu, alat ini dapat melakukan pemeriksaan otomatis untuk memastikan video Anda telah diatur dengan baik (sesuai rekomendasi YouTube).


5. Google Ads

Investasi terbaik yang dapat Anda lakukan ketika mengembangkan strategi YouTube Anda adalah dengan menghabiskan waktu untuk menemukan kata kunci yang ideal untuk konten Anda. 


Sebelum membahas lebih lanjut tentang sumber data gratis pertama, mari kita lihat Keyword Planner di Google Ads. Anda dapat melakukan riset kata kunci mentah dengan topik tertentu dalam pikiran untuk menemukan istilah pencarian dan pertanyaan dengan potensi terbesar.


Keyword Planner mengambil banyak saran kata kunci berdasarkan kata kunci utama atau frasa, parameter pencarian, dan filter yang Anda tentukan. Anda dapat memeriksa jumlah pencarian bulanan rata-rata dan tingkat persaingan untuk mengidentifikasi kata kunci yang paling cocok. Dengan sekali klik, Anda dapat mengunduh daftar kata kunci beserta semua metriknya.


Sekarang Anda memiliki alat dan tips yang dapat membantu Anda mengoptimalkan video YouTube Anda untuk pertumbuhan dan keberhasilan. Manfaatkanlah alat-alat tersebut dengan baik dan terus eksplorasi teknik-teknik pemasaran YouTube yang efektif. 


Selamat berkreasi, semoga sukses, dan sampai jumpa di video-video Anda berikutnya!

Cerdas Buatan
Cerdas Buatan "Orang bodoh yg selalu ingin meningkatkan pengetahuannya dengan belajar adalah lebih baik daripada orang cerdas tapi enggan belajar"

Post a Comment for "5 Tool SEO YouTube Terbaik"